Cara Mengakses Menu Opsi Boot Windows 10

Windows 10 menawarkan banyak fitur menarik, salah satunya adalah opsi boot yang canggih untuk memecahkan berbagai masalah di Windows 10. Anda dapat mengatur ulang PC, mengembalikan kondisi sistem sebelumnya, boot ke OS yang berbeda, menggunakan fitur “Startup Repair” untuk memperbaiki masalah startup dan boot Windows 10 ke mode aman (Safe Mode). Dalam postingan ini, saya akan membahas cara mengakses menu opsi boot Windows 10.

Ada banyak cara untuk mengakses opsi booting Windows 10 dengan masing-masing memiliki cara dan kasus sendiri. Mari kita lihat opsi-opsi untuk mengakses opsi booting ini.

Jika Anda dalam mode Desktop

Jika Windows 10 Anda berfungsi dengan baik dan sedang menggunakan mode Desktop, Anda dapat menggunakan cara yang disebutkan dibawah ini untuk mengakses opsi booting Windows 10.

Opsi 1: Tahan Tombol Shift kemudian Restart

Ini adalah cara termudah untuk mengakses opsi boot Windows 10. Yang perlu Anda lakukan adalah menahan tombol Shift di keyboard kemudian Restart PC.

  1. Buka menu Start dan klik tombol “Power” untuk membuka menu opsi power.
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol Shift dan klik Restart
  3. Windows 10 Anda akan secara otomatis memulai ulang dengan membawa opsi boot (Advanced Startup).

Trik ini dapat bekerja tidak hanya dengan mengklik tombol Restart di Start Menu. Intinya, yang perlu Anda lakukan adalah menekan dan menahan tombol Shift di keyboard sebelum melakukan Restart.

Opsi 2: Akses Menu Opsi Boot dari Pengaturan

Jika Anda tidak dapat menggunakan Opsi 1 (Shift + Restart), maka masih ada cara lain. Anda dapat melakukan booting Windows 10 dalam opsi startup tingkat lanjut (Advanced Startup) yang ada pada pengaturan Windows 10.

  1. Klik menu Start, ketik (untuk mencari) “Settings” kemudian cari dan klik menu Update & Security.
  2. Pilih opsi Recovery di menu samping kiri dan cari tombol Restart di bagian “Advanced Startup”.

Opsi 3: Gunakan Perintah di Commant Prompt

Jika Anda sudah terbiasa dan sering menggunakan shortcut dalam membuka fungsi Windows, Anda dapat menggunakan Commant Prompt untuk mengakses opsi Booting Windows 10.

  1. Klik kanan pada menu Start lalu pilih “Command Prompt (Admin)” dari menu
  2. Di Command Prompt, ketik shutdown.exe /r /o kemudian tekan “Enter”

Anda akan melihat pesan yang menyatakan Anda akan keluar (Signed Out), klik Close dan Windows 10 akan melakukan restart untuk opsi booting. Ada sedikit jeda untuk melakukan Restart menggunakan metode ini, tidak seperti metode diatas, dimana Windows 10 akan segera melakukan Restart.

Jika Anda Tidak Dalam Mode Desktop

Jika Windows 10 Anda bermasalah dan tidak dapat masuk ke Desktop sama sekali, silakan pilih cara dibawah ini untuk mengakses opsi booting Windows 10 untuk memperbaiki masalah.

Opsi 1: Paksa Windows 10 Untuk Memulai Opsi Booting

Jika Windows 10 gagal pada saat booting, secara default Windows akan melakukan Restart dengan opsi booting tingkat lanjut. Jika ada kesalahan startup yang menyebabkan Windows Anda rusak, maka secara otomatis Windows akan meluncurkan opsi boot tingkat lanjut.

Dalam situasi seperti itu, Anda dapat memaksa Windows 10 Untuk Crash dan Membuka Opsi Booting Tingkat Lanjut.

  1. Nyalakan PC Anda, setelah melihat logo Windows; tekan dan tahan tombol Power untuk mematikan secara paksa.
  2. Anda juga dapat mencabut kabel power untuk mematikan secara paksa.
  3. Ulangi poin 1 atau 2 dan Windows akan membuka opsi booting tingkat lanjut.

Percobaan yang saya lakukan, bagi saya cukup 2 kali saja Windows akan meluncurkan opsi booting tingkat lanjut. Pengulangan poin 1 atau 2 mungkin bisa beberapa kali.

Opsi 2: Gunakan Drive Pemulihan Windows 10

Drive Pemulihan atau Windows Recovery dapat memecahkan banyak permasalahan jika Windows tidak dapat melakukan booting. Jika mematikan Windows 10 secara paksa tidak berhasil, mungkin cara ini bekerja untuk Anda.

Jika Anda belum pernah membuat Drive Pemulihan (Windows Recovery), Anda harus membuat terlebih dahulu dengan menyiapkan USB Drive dan sebuah PC yang menjalankan Windows 10.

  1. Anda dapat menggunakan Windows 10 versi apapun, baik milik Anda atau teman; tidak ada masalah dalam hal lisensi.
  2. Ikuti instruksi yang diberikan oleh Microsoft untuk membuat drive pemulihan.
  3. Setelah selesai, pasang USB Drive ke PC yang bermasalah kemudian nyalakan PC.
  4. Anda akan diminta untuk memilih layout keyboard (dalam banyak kasus pilih layout US) dan opsi boot akan dijalankan.

Opsi 3: Gunakan Drive Instalasi Windows 10

Anda juga dapat menggunakan drive instalasi Windows 10 untuk mengakses opsi boot.

  1. Anda dapat boot dari Drive USB dan klik opsi “Repair” untuk mengakses opsi boot Windows 10.
  2. Ini juga merupakan opsi yang baik jika Anda tidak memiliki akses ke PC Windows 10 yang lain untuk membuat drive pemulihan.
  3. Anda dapat mengunduh instaler Windows menggunakan PC yang lain dan menggunakannya untuk membuat instaler baru Windows 10.

Keluar dari Opsi Boot Windows 10

Opsi yang disebutkan diatas seharusnya bisa untuk mengakses opsi boot dan mempermudah Anda untuk memecahkan masalah di Windows 10. Setelah selesai, klik tombol “Advanced” untuk keluar dari opsi boot dan menjalankan Windows 10.

Jika Anda memiliki beberapa OS, maka OS default akan dijalankan. Dalam hal ini, pilih opsi “Launch Another Operating System” dan kemudian pilih Windows 10 untuk dijalankan.

Kesimpulan

Dengan menekan dan menahan tombol Shift diikuti dengan melakukan Restart adalah cara yang termudah untuk mengakses opsi boot Windows 10. Namun jika Windows bermasalah dan Anda tidak dapat memulai Windows 10 dengan benar, maka opsi dengan menggunakan Drive Pemulihan atau Instalasi akan sangat membantu. Jika Anda tahu cara lain untuk mengakses opsi boot Windows 10, beri tahu di komentar.