Dukungan Untuk Windows 7 Berakhir

Sebelumnya, pengumuman akan berakhirnya Windows 7 telah diberitahukan beberapa waktu lalu. Microsoft resmi mengakhiri dukungan (support) untuk Windows 7 pada Selasa, 14 Januari 2020. Untuk selanjutnya pengguna sistem operasi versi itu tidak akan lagi mendapatkan pembaruan apa pun dari perusahaan tersebut.

Akhir dukungan berarti bahwa pengguna Windows 7 tidak lagi mendapatkan dukungan teknis untuk masalah apa pun, tidak mendapatkan pembaruan perangkat lunak, dan pembaruan atau perbaikan keamanan. Hal itu membuat PC Anda rentan terhadap virus, bahkan mungkin peretasan.

Dengan berakhirnya dukungan bagi Windows 7, berikut saran Microsoft tentang apa yang harus dilakukan pengguna:

  1. Cek bagaimana spesifikasi PC Anda saat ini. Apakah masih mungkin untuk beralih ke sistem operasi yang lebih baru. Jika masih memungkinkan, segera upgrade ke Windows 10.
  2. Segera buat cadangan penyimpanan file dan foto. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan penyimpanan awan OneDrive atau dengan hard drive eksternal.
  3. Ada baiknya Anda berganti PC baru yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 karena dengan begitu Anda akan lebih aman dan ada jaminan pembaruan perangkat lunak dari Microsoft.

Terkait hal tersebut Microsoft sangat menganjurkan pengguna untuk lekas mengupgrade Windows 7 mereka ke Windows 10. Tujuannya adalah untuk menghindari situasi yang membuat pengguna memerlukan layanan dan dukungan yang tak lagi tersedia.

Baca Juga:  Mau Coba iOS 13? Ini Sejumlah Fitur Barunya