Ini Dia Fitur Terbaru di iOS 13

Ada acara Apple di bulan September ini. Mungkin sebaian orang sedang senang dengan iPhone barunya, ditambah saat ini juga iOS 13 diumumkan ke publik. Sayangnya, pengguna iPhone 6 dan iPhone 5S tidak akan mendapatkan pembaruan ini dan ini mungkin merupakan pembaruan besar terakhir untuk iPhone 6S dan iPhone SE. Kali ini, saya akan membagikan beberapa fitur terbaru di iOS 13.

Fitur Terbaru iOS 13

1. Sign-in with Apple

Sebagian besar aplikasi pihak ketiga sekarang memiliki opsi untuk masuk dengan Google, Facebook atau Twitter, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakan layanan tanpa membuat akun baru terpisah. Apple telah memutuskan untuk menambahkan ini dengan opsi “Sign-in with Apple”. Menurut Apple, sementara Facebook dan Google melacak data pengguna begitu mereka masuk, ketika pengguna masuk dengan akun Apple mereka, informasi mereka aman dan terenkripsi.

Sign-in with Apple

Pengguna juga akan memiliki opsi untuk menyembunyikan Alamat Email dari pihak ketiga di mana Apple akan membuat alamat email jembatan (gateway) sementara yang akan meneruskan semua email secara otomatis ke alamat email utama pengguna tanpa menampilkan yang asli. Bahkan, untuk mendorong privasi ini, Apple telah meminta semua pengembang untuk memasukkan tombol Sign-in with Apple lebih diutamakan dibanding Google, Facebook atau layanan akun lainnya.

2. Dark Mode

Dark Mode atau Mode Gelap adalah fitur menarik dan baru untuk iOS dan juga industri smartphone secara umum. Sementara Android telah memilikinya selama bertahun-tahun, satu-satunya cara pengguna iPhone sebelumnya bisa mendapatkannya adalah dengan melakukan jailbreak. Sekarang, tidak lagi. iOS 13 hadir dengan mode gelap built-in sistem yang terlihat indah.

Dark Mode

Mode Gelap di iOS 13 dapat dipicu secara manual atau terjadwal. Itu juga dilengkapi dengan sejumlah wallpaper yang mengubah tema mereka sesuai dengan mode terang atau gelap. Ada juga tombol switch baru di Control Centre untuk menyalakan dan mematikannya, yang berguna untuk mengaksesnya agar lebih cepat. Mode Gelap tidak hanya terlihat lebih baik pada layar AMOLED pada iPhone X, XS, dan XS Max, tetapi juga meningkatkan masa pakai baterai.

3. Photos

Aplikasi Photos dijadwalkan akan ditingkatkan pada iOS 13, Apple benar-benar telah memperbaruinya. Tab Foto utama sekarang memiliki antarmuka baru yang menyaring foto seperti tangkapan layar, tanda terima, dll. Ada juga opsi untuk mengelompokkan foto Anda berdasarkan hari, bulan atau tahun. Tentu saja, jika Anda tidak memerlukan filter apa pun dan lebih suka melihat semua gambar, mereka juga tidak menghilangkan UI itu.

Photos

Untuk menjadikan pengalaman pengguna lebih menarik, foto dan video live sekarang akan mulai diputar secara otomatis. Ini akan secara otomatis. Ada juga kategorisasi berdasarkan lokasi, festival, dan bahkan pemain (acara konser).

4. Editor Video

Selain itu, Apple juga menyertakan editor foto dan video yang lebih fungsional di iOS 13. Sekarang, pengguna dapat mengetuk setiap pengeditan yang mereka buat untuk melihat bagaimana penyesuaian tertentu mempengaruhi sebuah foto. Intensitas filter juga dapat dimodifikasi secara numerik, sesuatu yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Editor Video

Selain semua ini, ada juga editor video yang lebih baik daripada iOS 12. Sebelumnya, semua yang bisa Anda lakukan pada Photo and Video Editor adalah memotong video. Sekarang ada opsi untuk mengatur eksposur, kontras, kecerahan dan banyak lagi.

Baca Juga:  Awal Mula Merebaknya Spyware WhatsApp

5. Tampilan Volume

Apple telah mengubah volume HUD yang benar-benar antik, yang sebelumnya merupakan kotak persegi besar dan transparan tepat di tengah-tengah layar. Ini sangat mengganggu dan menjengkelkan bagi pengguna saat bermain game atau menonton video. Sekarang, Apple telah memperbaikinya dengan UI yang tampak lebih baik, lebih modern yang sangat fungsional, minimal, dan tidak mencolok.

Tampilan Volume

6. File

Aplikasi Files juga mendapatkan peningkatan fungsionalitas di iOS 13. Sekarang, ada folder Download terpisah yang dapat digunakan untuk menyimpan file apa pun yang diunduh melalui internet menggunakan Safari. Selain itu, ada juga opsi untuk membuat struktur file lokal di sandbox, untuk manajemen file yang lebih baik.

Files

Selain itu, aplikasi Files juga membawa dukungan untuk USB OTG, yang selama bertahun-tahun tidak dimiliki Apple. Selain itu, pengguna di work environments juga dapat terhubung ke server SMB dan juga menyertakan opsi untuk membuat dan mengekstrak file ZIP.

7. Buku

Dengan iOS 13, Apple berharap dapat membawa daya saing yang sama kepada orang-orang yang suka membaca dengan memperkenalkan Milestones. Pengguna sekarang dapat menetapkan milestones, membuat streaks dan bahkan memenangkan penghargaan. Milestones dalam aplikasi Buku mendukung buku bacaan tradisional dan buku audio.

Buku

8. Apple Maps

Meskipun Apple Maps belum begitu populer, berkat Google Maps, Apple telah bekerja keras untuk memperbaikinya. Apple Maps sekarang menyertakan tampilan Look-Around, yang merupakan versi street-view Apple. Ada juga Collections, yang memungkinkan pengguna mengakses daftar restoran, kafe, museum, dll terbaik di sekitar mereka.

Apple Maps

9. Memoji dan Animoji

Memo adalah karakter kecil, mirip dengan Animo, yang dapat Anda buat dan sesuaikan agar terlihat seperti Anda dan teman Anda. Setiap kontak dapat diberi memo. Di iOS 13, ada lebih banyak opsi dari sebelumnya untuk menambahkan detail ke setiap aspek tampilan memoji. Baik itu kacamata, topi, gigi, make-up hingga tindikan. Selain itu, Memo ini juga dapat digunakan sebagai stiker di iMessage.

Memoji dan Animoji

Animoji juga ditingkatkan dengan kinerja yang lebih baik dan pengenalan 3 karakter baru – gurita, sapi, dan tikus.

10. Kamera

Suka atau tidak, iOS memiliki salah satu UI Kamera paling populer. Sekarang, pengguna akan memiliki opsi untuk menambah atau mengurangi intensitas pencahayaan potret di aplikasi Kamera. Membawa cahaya lebih dekat ke subjek akan menghaluskan kulit, mencerahkan mata dan mempertajam fitur. Sebaliknya, menjauhkan cahaya dari subjek akan membawa tampilan seperti nyata ke gambar yang diambil.

Kamera

Selain itu, ada juga efek High-Key Mono baru, yang menciptakan tampilan klasik yang cantik dengan subjek monokromatik dengan latar belakang putih.

Baca Juga:  Hacker Bicara Soal Spyware WhatsApp

11. Siri

Siri sering dikatakan tertinggal di belakang Google Assistant, tetapi hal-hal baru mungkin berubah di iOS 13. Intelijennya kini telah diubah untuk memasukkan saran di Podcast, Safari, dan Maps. Selain itu, Siri juga akan dapat mendeteksi pengingat dalam pesan dan aplikasi pihak ketiga lainnya.

Siri

Ada juga SiriKit, yang memungkinkan integrasi lebih baik antara aplikasi audio pihak ketiga seperti Spotify dan perintah suara di Siri. Untuk pengguna India, ada juga suara bahasa Indian English dalam aksen tertentu.

12. Control Center

Di Control Center, sekarang memiliki opsi force-touch pada Wi-Fi atau ikon Bluetooth untuk memilih jaringan atau perangkat yang ingin mereka sambungkan. Ini akan menghemat banyak waktu bila dibandingkan dengan membuka aplikasi Pengaturan dan membuka halaman terpisah untuk Bluetooth atau Wi-Fi. Sayangnya, Wifi dan Bluetooth masih belum bisa dimatikan sepenuhnya dari Control Center di iOS 13.

Control Center

13. Reminder

Reminder mungkin aplikasi yang paling terlupakan di versi iOS sebelumnya. iOS 13 menghadirkan sejumlah fitur baru ke aplikasi pengingat. Sekarang memiliki quick toolbar untuk menambahkan flags, bullets, dan bahkan lampiran. Siri juga telah ditingkatkan untuk menyarankan Pengingat berdasarkan riwayat penggunaan.

Reminder

14. Keyboard

Apple akhirnya membawa QuickPath ke keyboard default-nya. QuickPath berfungsi seperti halnya Swype yang ada di keyboard Android. Ada juga Alternate Word Prediction, yang akan menyarankan kata-kata alternatif yang baru saja diketik/digunakan. Selain itu, Dictation sekarang akan secara otomatis mendeteksi bahasa apa yang dibicarakan pengguna tanpa harus mengubahnya menggunakan Ikon Globe, seperti iOS 12.

Keyboard

15. Airpods

Dengan iOS 13, AirPods generasi ke-2 sekarang memiliki kemampuan untuk mengumumkan semua pesan yang masuk saat ponsel pengguna berada di luar jangkauan. Selain itu, 2 pasang Airpods sekarang dapat dipasangkan ke satu iPhone untuk memungkinkan mendengarkan bersama antara 2 pengguna.

Airpods

16. Health

Fitur terbesar yang masuk ke Health di iOS 13 adalah Cycle Tracking, yang dapat digunakan untuk melacak siklus menstruasi dan bahkan memprediksi 3 siklus berikutnya. Ada juga siklus peringkasan dan visualisasi untuk melacak siklus sebelumnya untuk referensi.

Health App

17. Pengisian Baterai Dioptimalkan

Kerusakan baterai menjadi masalah serius, terutama bagi orang yang berencana untuk menjaga perangkat mereka selama 2-3 tahun atau bahkan lebih lama. Dengan iOS 13, pengisian baterai yang dioptimalkan akan mempelajari pola pengisian daya perangkat dan mengubah pola pengisian untuk meminimalkan menurunnya kinerja baterai. Menyimpan baterai dalam waktu lama dengan daya maksimal akan merusaknya dan fitur ini akan sangat membantu orang yang terbiasa mengisi daya perangkat saat tidur.

Pengisian Baterai Dioptimalkan

18. Peningkatan Kinerja

Apple mengklaim bahwa iOS 13 telah mengurangi waktu pembukaan Aplikasi hingga 50% dan meningkatkan kelancaran dan kecepatan keseluruhan UI. Di iPhone XS Max yang menjalankan iOS 13 Beta, ada perbedaan yang sangat mencolok. Selain itu, pengguna kini dapat mengunduh aplikasi besar menggunakan data seluler.

19. Dukungan Game Controller

Perangkat iOS biasanya memiliki SOCs terkemuka dengan kekuatan pemrosesan yang luar biasa dan juga kemampuan grafis. Ini mengarah ke pengalaman bermain yang luar biasa dengan grafis tingkat konsol. Untuk menjadikan pengalaman ini lebih seperti konsol, Apple telah memutuskan untuk memperkenalkan dukungan untuk PS4 Dualshock 4 dan Xbox One Controllers. Kedua pengontrol ini terhubung melalui Bluetooth dan merupakan add-on yang sangat baik untuk orang-orang yang banyak bermain game di iPhone atau iPad.

Baca Juga:  Mau Coba iOS 13? Ini Sejumlah Fitur Barunya

20. Find My and Offline Devices

Mulai dari iOS 13 dan seterusnya, Find My iPhone dan Find My Friends akan digabungkan ke dalam aplikasi Find My. Aplikasi ini akan menunjukkan lokasi perangkat Anda dan teman Anda di peta yang sama. Tentu saja, ini lebih merupakan proses perampingan daripada menambahkan fungsionalitas.

Find My and Offline Devices

Namun, satu hal yang luar biasa dengan iOS 13 adalah kemampuan untuk menemukan lokasi perangkat iOS secara offline. Ketika perangkat hilang, pencuri seringkali cepat mematikan Wi-FI dan Data Seluler. Dengan iOS 13, segera setelah pengguna menempatkan perangkat mereka dalam Mode Hilang, itu akan mengaktifkan Bluetooth dan mencari perangkat iOS terdekat. Segera setelah mendeteksi, perangkat terdekat akan digunakan untuk melakukan ping lokasi perangkat yang hilang kepada pemilik. Semua ini akan dienkripsi end-to-end dan pasti akan membantu iPhone yang banyak dicuri untuk diketemukan.

21. Long Press

Salah satu fitur iPhone XS Max yang saya inginkan di iPhone SE adalah sentuhan 3D. Ini tidak terlalu tajam seperti sentuhan 3D, tetapi sekarang Anda dapat menekan lama untuk melihat dan menampilkan popup seperti sentuhan 3D. Uniknya, Anda juga bisa melakukannya di iPhone Xs Max. Tekan lama pada ikon aplikasi untuk melihat menu tindakan cepat, tekan lama tautan di Safari untuk memuat pratinjau, dan hal-hal keren lainnya.

Long Press

22. Smart Screenshots

Apple dengan iOS 13 memperbaiki screenshots sepenuhnya sehingga meskipun Anda secara tidak sengaja menekan tombol volume saat mengambil tangkapan layar, ia akan secara otomatis bersembunyi saat tangkapan layar diambil.

Smart Screenshots

23. Simpan Halaman Web di Safari

Sekarang, browser Safari memungkinkan Anda menyimpan seluruh halaman web sebagai PDF atau arsip web. Tidak hanya itu, Anda dapat menyimpannya ke File, mencetak atau mengedit menggunakan alat Markup. Ketuk tombol bagikan pada halaman web untuk menampilkan opsi.

Simpan Halaman Web di Safari

24. Screenshot Halaman Penuh di Safari

Mengambil tangkapan layar laman web penuh tidak pernah semudah ini. Sekarang Anda dapat mengambil tangkapan layar satu halaman penuh di browser web Safari. Cukup ambil tangkapan layar, ketuk pratinjau, dan pilih tangkapan layar satu halaman penuh. Namun, Anda tidak dapat mengambil screenshot halaman penuh pada aplikasi lain, Anda harus mengunduh aplikasi screenshot halaman web penuh pihak ketiga.

Penutup

Itulah daftar beberapa fitur favorit di iOS 13. Menggunakan versi beta membuat saya sangat bersemangat untuk menunggu versi final dan stabil. Apakah Anda menggunakan iOS 13 juga? Fitur apa yang paling Anda sukai? Yuk! Beri tahu yang lain di bagian komentar di bawah!

Sumber: techwiser.com