Mungkinkah Kartu ATM Bakal Punah?

Pengembangan sistem pembayaran era masa depan terus mengalami peningkatan. Muncul pertanda kartu ATM tergeser oleh perkembangan zaman. Bank OCBC di Singapura menyatakan sebagai bank pertama di negara tersebut yang membuka layanan menarik uang di ATM dengan QR code yang muncul pada aplikasi. Mungkinkah Kartu ATM Bakal Punah?

Inovasi yang bisa membuat kartu ATM punah ini dibuat oleh OCBC dalam waktu kurang dari lima bulan. Pihak bank pun sedang berusaha agar penggunaan inovasi ini semakin meluas.

“Makin banyak nasabah yang makin familiar dengan ini dan memindai QR code dalam pembayaran, dan kami ingin membawa kemudahaan, kecepatan, dan keamanan yang sama ketika mereka mengambil duit di ATM,” ujar Aditya Gupta, kepala bisnis digital Bank OCBC di Singapura dan Malaysia.

Untuk memakai fitur ini, nasabah tinggal memilih “Withdraw cast with OCBC Pay Anyone” di layar ATM dan akan muncul kode QR. Pada aplikasi, menu tarik tunai juga akan muncul. Nasabah pun bisa memakai satu aplikasi untuk lebih dari satu akun bank.

Layanan mengambil uang dengan QR code juga setengah kali lebih cepat. Layanan ini juga tersedia hampir di seluruh ATM Bank OCBC, kecuali 22 ATM yang masih baru.

Di Indonesia sendiri, ciri-ciri kepunahan kartu ATM juga sudah mulai terlihat. Sudah ada beberapa bank yang menyediakan layanan penarikan uang tunai tanpa kartu ATM. Berikut nama-nama bank yang memiliki layanan tersebut:

1. Bank BCA

Sejak 2017 , BCA mengembangkan fitur BCA Mobile dengan fasilitas tarik tunai tanpa kartu. Hanya dengan akses aplikasi BCA Mobile atau Sakuku yang ada di ponsel pintar, pengguna sudah bisa menarik tunai uang di ATM.

Baca Juga:  Sistem Pembayaran Mobile: Era Masa Depan Tanpa Uang Tunai

Setelah masuk ke m-BCA, pengguna tinggal pilih menu Tarik Tunai, kemudian ikuti prosesnya untuk mendapatkan Kode Tarik Tunai. Kemudian kunjungi ATM BCA yang menerima layanan ini yaitu ATM yang menampilkan menu Transaksi Tanpa Kartu.

Setelah itu, masukkan No HP BCA mobile dan Kode Tarik Tunai, uang tunai pun langsung keluar dari mesin ATM.

2. LinkAja

PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) melalui LinkAja juga memberikan layanan tarik tunai atau withdraw yang nantinya bisa dilakukan di sejumlah titik. Misalnya Indomaret, Alfamart hingga Kantor Pos.

Namun, sejumlah tempat pengambilan tersebut masih terkendala. Indomaret dan Alfamart, misalnya, masih belum stabil. Sementara itu di Kantor Pos, jam operasional masih terbatas hanya sampai pukul 4 sore.

Sebagai solusi, LinkAja memanfaatkan 80 ribu unit ATM berlogo Link yang tersebar di sejumlah daerah. Melalui jaringan ini yang memanfaatkan sinergi BUMN, bisa mengambil uang dengan mudah. Dengan menggunakan token yang nantinya terhubung dengan LInkAja, pengguna LinkAja bisa mengambil uang di mana saja.

3. Maybank

Cardless Withdrawal di Maybank bisa dilakukan setelah nasabah melakukan registrasi Maybank SMS+ Banking.

Setelah mendapat kode tarik tunai melalui SMS+banking, pada layar ATM pengguna tinggal memilih tarik tunai tanpa kartu. Pilih tarik tunai dari rekening Maybank, masukan nomor handphone yang sudah teregistrasi di SMS+banking. Masukan PIN SMS+Banking, dan pilih nominal transaksi.

Selanjutnya, Kode TAC (Transaction Authorization Code) akan dikirim melalui SMS ke Handphone nasabah. Input kode TAC tersebut pada layar ATM. Transaksi selesai dan uang sudah ada di tangan anda.

4. Bank Sinarmas

Bank Sinarmas juga punya layanan tarik tunai tanpa kartu ATM. Nasabah tinggal mengakses dan login Internet Banking atau Simobi+. Kemudian pilih Menu Transfer ke Rekening Bank Sinarmas. Masukan rekening tujuan transfer dengan Kode Prefix (85) + No HP Penarik Tunai.Contoh : Transfer ke rekening Bank Sinarmas nomor rek. 85088812345678. Selanjutnya, Bank Sinarmas akan mengirimkan SMS berisi kode tarik tunai ke No HP Penarik Tunai.

Baca Juga:  Awal Mula Merebaknya Spyware WhatsApp

Langkah selanjutnya, datangi mesin ATM Bank Sinarmas, tekan tombol kanan atas dan pilih menu “Tarik Tunai Tanpa Kartu” masukkan kode tarik tunai dan nominal penarikan. Bank Sinarmas akan mengirimkan SMS berisi kode OTP ke No HP Penarik Tunai untuk diinput di mesin ATM. Setelah itu, mesin ATM mengeluarkan uang tunai.

5. Bank Danamon

Transaksi tarik tunai tanpa kartu juga bisa dilakukan di ATM Danamon. Caranya dengan memasukan nomor ponsel yang sudah terdaftar sebelumnya.

Kemudian masukan passcode dan jumlah nominal yang akan ditarik. Sistem kemudian akan mengirimkan one time password melalui SMS ke nomor ponsel yang dimasukan sebelumnya.

Mengambil uang dengan QR code di smartphone dinilai lebih aman karena adanya verifikasi biometrik seperti sidik jari. Ini berbeda dengan nomor PIN yang bisa ketahuan atau tercuri. Kartu ATM pun bisa diambil orang, sementara bila smartphone dicuri, maka akses ke aplikasi bank masih tetap terlindungi.