NFC vs Bluetooth

Ketika membicarakan ‘NFC vs Bluetooth’, saya berpikir tentang ‘Apel vs. Jeruk’. Keduanya berbeda satu sama lain, dengan kasus penggunaan yang berbeda. Meski begitu, banyak orang merasa itu membingungkan, terutama ketika membeli smartphone baru atau tag NFC. Ada banyak kesamaan antara Bluetooth dan NFC. Keduanya adalah teknologi nirkabel (wireless). Keduanya membutuhkan perangkat keras khusus. Dan keduanya berbagi informasi antara dua terminal. Namun demikian, ada yang sangat berbeda.

NFC vs Bluetooth

Jika Anda membutuhkan jawaban sederhana, mungkin ini yang terbaik,

NFC bekerja pada kecepatan yang jauh lebih sedikit daripada Bluetooth, tetapi mengkonsumsi daya yang lebih sedikit dan tidak memerlukan untuk berpasangan (pairing).

Namun, jika Anda ingin mengetahui perbedaan yang mendalam lagi, berikut adalah beberapa perbedaan utama antara NFC dan Bluetooth.

1. Jangkauan Lebih Pendek

NFC merupakan sinyal radio yang lemah dan hanya akan berfungsi ketika Anda berada di dekatnya. Maksudnya, kedua perangkat harus hampir bersentuhan satu sama lain. Misalnya, saat Anda mengirim foto ke ponsel teman Anda menggunakan NFC, bagian belakang kedua ponsel hampir saling menyentuh, sama halnya saat melakukan pembayaran NFC.

Untuk Bluetooth, seperti yang kita semua tahu, memiliki jangkauan yang lebih jauh. Misalnya, Anda dapat mengirim foto ke ponsel teman Anda melalui Bluetooth saat berada di ruangan yang sama. Bahkan, Bluetooth 5.0 terbaru dapat bekerja hingga 300 meter (idealnya 100 meter).

2. Lebih Cepat

Saya mengatakan lebih cepat, tidak bermaksud kecepatan transfer. Bluetooth 5.0 yang baru dapat mentransfer data hingga 48 MB/s, sementara NFC dapat melakukan beberapa KB/s. Namun, NFC lebih cepat di setup.

Dengan kata lain, NFC tidak perlu menghubungkan antara dua perangkat NFC dengan kode sandi. Untuk mengirim data, yang perlu Anda lakukan adalah mendekatkan dua ponsel yang didukung NFC satu sama lain dan data ditransfer secara otomatis. Baiknya, digunakan untuk mengirim data kecil seperti gambar dan URL.

Baca Juga:  Ini Dia Gadget Canggih Buatan Google

3. Koneksi Anonim

Tidak ada data pengguna yang dikumpulkan saat mengatur koneksi menggunakan NFC, sehingga membuat Anda tetap anonim. Karena Bluetooth membutuhkan proses pairing dan mungkin dapat menyimpan perangkat yang terakhir terhubung.

4. Mendukung Sebagai Metode Pembayaran

Pembayaran menggunakan NFC diterima secara luas di Indonesia, Jepang dan sebagian negara di seluruh dunia. Bahkan Mi Band 4 baru dikabarkan memiliki NFC. Teknologi Bluetooth, di sisi lain, tidak mendukung untuk melakukan pembayaran mobile.

5. Berfungsi Tanpa Daya

Setiap perangkat Bluetooth akan memerlukan semacam catu daya, baik secara langsung atau dari baterai. Di sisi lain, NFC adalah tag RFID khusus yang sifatnya pasif. NFC tidak membutuhkan power untuk bekerja. Bingung? Nah, tag Pasif tidak memiliki catu daya sendiri, melainkan mereka mendapatkan pasokan energi dari perangkat terdekat. Bluetooth sebagai perbandingan dapat mengkonsumsi daya yang signifikan.

6. Bluetooth Sudah Populer

Bluetooth ada di setiap smartphone sejak era nirkabel mulai hadir. Hampir setiap smartphone, earphone nirkabel, mouse nirkabel, keyboard, dll memiliki Bluetooth. Near Field Communication atau NFC adalah teknologi yang relatif baru dan belum sepopuler Bluetooth. Dukungan NFC hadir di smartphone andalan seperti Google Pixel, iPhone, OnePlus, Samsung seri Note, dll. Namun, ponsel murah China seperti Xiaomi dan Oppo, tidak menawarkan NFC di smartphone mereka.

Perbedaan NFC dan Bluetooth

PARAMETERNFCBLUETOOTH
JarakUp to 10 cmUp to 300 meter
PairingTidak PerluMemerlukan Proses Pairing
Kecepatan100-400 Kilo bits/sUp to 48 MB/s
PowerTidak PerluMemerlukan Power
PenggunaanNFC Tag, Pembayaran NFCFile Transfer, iOT

Kesimpulan

NFC adalah teknologi yang menjanjikan di masa lalu. Tapi karena adopsi yang lambat di negara-negara berkembang seperti India dan Cina, NFC tidak cepat tersebar. Salah satu fitur utama NFC adalah pembayaran mobile. Tapi sayangnya, India dan Cina sangat bergantung pada uang tunai atau Alipay.

Mana yang lebih baik? Mungkin itu adalah pertanyaan yang salah. NFC tidak lebih baik dari Bluetooth; Bluetooth juga lebih baik daripada NFC. Keduanya adalah teknologi yang sangat berbeda memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada penggunaannya. Misalnya, untuk berbagi lagu, saya lebih suka Bluetooth sedangkan untuk pengidentifikasian, URL atau pembayaran mobile, saya menggunakan NFC.

Baca Juga:  Akses Data Berkinerja Tinggi Dengan Dapper ORM