5 Code Editor Terbaik 2019

Sejak Visual Studio Code dirilis oleh Microsoft, persaingan code editor semakin seru. Saat ini, begitu banyak pilihan yang tersedia. Kebanyakan gratis dan open source, ini adalah persaingan produk yang sangat kompetitif. Dalam tulisan ini saya mengutip hasil dari Developer Survey Stack Overflow 2018 dan referensi lain untuk mengulas Penilaian 5 Code Editor Terbaik 2019.

 Ringkasan

  • Visual Studio Code telah digunakan banyak pengguna dan memiliki ekstensibilitas untuk menjadi Code Editor terbaik (saat ini)
  • Sublime Text juara dari sisi kinerja untuk proyek-proyek besar
  • Integrasi dan hackability GitHub Atom sudah mulai disalip oleh ekstensibilitas Visual Studio Code (VS Code)
  • Notepad++ dan Vim terus masih tetap digunakan oleh pengguna. Namun rupanya semakin kesini mulai banyak ditinggalkan pengguna

Yang Sedang Berkembang

Selama tiga tahun terakhir, banyak pengguna beralih menggunakan VS Code karena mereka membangun ekosistem pengembang yang powerful dan sekaligus menjadikan VS Code sebagai code editor terbaik saat ini.

User Experience VS Code yang kaya fitur dan juga ekstensibilitas yang powerful telah menutupi beberapa kekurangannya. Akibatnya, dengan kombinasi fitur yang tepat, VS Code telah memperbaiki dan mengembangkan apa yang diperlukan untuk memenangkan persaingan code editor.

VS Code mendominasi sebagai lingkungan pengembang paling populer, menurut Developer Survey Stack Overflow 2018:

Hasil Developer Survey Stack Overflow 2018

Tapi editor kode lain juga mendapatkan cukup banyak pengikut. Diantaranya; Notepad++, Sublime Text, Vim, dan Atom populer di kalangan pengembang.

Penilaian Peringkat Code Editor

Jika Anda berpikir untuk beralih ke code editor lain atau bagi Anda yang baru-baru menggunakan code editor; saya akan mengutip dari software.com dan meringkas beberapa informasi yang diambil dari sumber lain.

Dalam komparasi ini, membandingkan berdasarkan User Experience, Performa, Ekstensibilitas dan Kurva Pembelajaran. Dengan rubrik penilaian sebagai berikut:

  • A — Sangat Baik, unggul dalam segala hal
  • B — Baik, terdapat beberapa masalah
  • C — Cukup, terdapat kekurangan dalam beberapa bagian yang penting
  • D — Buruk, terdapat masalah yang cukup signifikan
  • F — !

Setelah membandingkan setiap code editor berdasarkan metrik diatas, saya mengutip dengan hasil akhir seperti ini:

Penilaian Code Editor

Penjelasan 5 Code Editor

Berikut ini adalah uraikan setiap code editor untuk ulasan yang lebih mendalam.

1. Visual Studio Code

Visual Studio Code

Visual Studio Code atau sering disebut VS Code adalah code editor bersifat open source, lintas platform dan gratis yang dikembangkan oleh Microsoft. Awal diumumkan para pertengahan tahun 2015. VS Code dapat dengan cepat mendapatkan popularitas yang signifikan dan komunitas pengembang. Sekarang, VS Code menjadi code editor populer dalam lingkungan pengembangan; digunakan oleh 34,9% dari ~ 102.000 responden dalam survei Stack Overflow 2018.

Baca Juga:  Konversi dan Optimasi Gambar ke JPG dengan Jpeg.io

Pengaturan VS Code mengintegrasikan fitur-fitur yang biasa Anda temukan di beberapa lingkungan pengembangan yang lebih lengkap. Fitur VS Code mencakup Terminal yang terintegrasi, Debugger dan Source Control yang mendukung Git secara default. Bahkan dengan fitur code-completion tool, IntelliSense yang luar biasa.

Visual Studio Code Screenshot

Bilah aktivitas menyediakan akses cepat ke fitur-fitur terpenting di samping alat pencarian dan shortcut ke extensions marketplace. Hasilnya, untuk melakukan pencarian di seluruh basis kode dan mendapatkan ekstensi baru lebih mudah dan lebih intuitif daripada mencari di Atom atau Sublime.

VS Code terasa lambat pada saat membuka, memuat dan mencari file dibanding code editor native seperti Sublime Text atau Vim. Hal itu disebabkan karena VS Code dibangun berbasis Electron.

Kriteria Utama — Visual Studio Code
VS Code memiliki ekosistem yang besar. Tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak penggunanya dari waktu ke waktu.

Jadi, jika Anda ingin beralih ke VS Code; ada banyak ekstensi yang mungkin dapat menemukan ekstensi favorit Anda.

2. Sublime Text

Sublime Text Overview

Sublime Text adalah code editor lintas platform, yang awalnya dirilis pada tahun 2008. Code editor ini menjadi code editor paling populer ketiga, digunakan oleh 28,9% responden di survei Stack Overflow 2018, turun sedikit dari 31% dibanding tahun 2016.

Code Editor ini menawarkan pengalaman pengeditan kode yang lebih tradisional; yang menekankan kesederhanaan dan kemudahan dalam penggunaannya. Tidak seperti VS Code, pengaturannya tidak termasuk Terminal, Debugger atau Source Control.

Lisensi code editor ini berbayar. Anda harus membelinya seharga $80. Jika Anda tidak mau membayar lisensi, code editor ini selalu mengingatkan Anda untuk membelinya. Cukup menggangu!

Sublime Text Screenshot

Perlu diketahui baha Sublime Text hanya menawarkan 4.500 paket dan tidak memiliki alat kontrol paket.

VS Code dan Atom keduanya bersifat open source, ekstensibel dan memiliki ekosistem yang semakin besar dan selalu diperbarui secara berkala. Dan juga VS Code dan Atom memiliki ribuan kontributor dan tim pengelola yang besar, tapi Sublime Text bergantung pada tim yang jauh lebih kecil.

Baca Juga:  Mengembalikan Data yang Terhapus di SQL Server

Ketika membahas soal performa, Sublime Text mengalahkan VS Code, Atom, dan editor lainnya. Sublime Text terkenal dengan performanya yang ringan, cepat, dan responsif. Jika performa code editor adalah prioritas utama Anda, Sublime Text memiliki performa yang ringan dan dapat mengelola proyek besar dengan baik.

Kriteria Utama — Sublime Text
Memiliki performa ringan untuk proyek-proyek besar.

Dokumentasi Sublime bisa disebut sedikit tidak jelas dan tidak dapat diprediksi. Meski begitu, komunitas telah membangun forum yang bagus untuk memulainya.

3. Atom

Atom Overview

Atom adalah salah satu code editor gratis, lintas platform, open source yang dikembangkan oleh Github. Awal rilisnya pada tahun 2015. Atom sudah menarik banyak pengguna; yang digunakan oleh 18% responden dari survei Stack Overflow 2018. Hasilnya naik dibanding tahun 2016 yang memiliki nilai persentase 12,5%.

Atom, seperti Sublime, menawarkan pengalaman pengeditan kode akrab tanpa terminal terintegrasi dan debugger. Bagaimanapun, Aom terintegrasi erat dengan Git dan Github dan menyediakan Source Control tanpa batas.

Kriteria Utama — Atom
Kemampuan hackability nya dan terintegrasi dengan Github secara mulus.

Atom menawarkan sekitar 8.000 paket, karena komunitas pengembangnya yang besar dan kemudahan paket yang dapat dibangun dan digunakan. Hackability dan usability adalah inti dari misi dan filosofi desain Atom.

Atom Screenshot

Mengapa Atom saat ini bersaing dengan VSCode dan Sublime? Meskipun ada peningkatan kecepatan yang terlihat selama rilis terakhir, Atom masih tertinggal di belakang editor lain karena proses pemuatan file dan waktu switching yang lambat. Jika digunakan untuk proyek yang besar, seperti kernel Linux atau proyek open source Android, dapat mengkonsumsi resource cukup banyak.

4. Vim

Vim Overview

Vim adalah code editor open source, lintas platform, gratis. Dirilis pertama kali pada tahun 1991. Meskipun sudah berumur, Vim digunakan oleh 25,8% responden dalam survei pengembang Stack Overflow 2018 dan 26,1% di tahun 2016.

Vim sangat berbeda. Fitur di Vim digunakan hampir seluruhnya melalui baris perintah. Ketergantungannya pada keyboard dan shortcut lah yang menjadi alat paling ampuh bagi para ahli, memerlukan kurva pembelajaran cukup panjang.

Baca Juga:  Konversi dan Optimasi Gambar ke JPG dengan Jpeg.io

Kriteria Utama — Vim
Untuk pengguna yang lebih sering menggunakan keyboard dan shortcut daripada UI.

Sama seperti Sublime Text, Vim dikenal dengan performanya yang baik. Telah hadir sejak awal tahun 90-an. Vim telah mendapat perhatian dari komunitas pengembangan untuk menjadi alat pengembangan yang dapat diandalkan.

Vim Screenshot

Vim juga sangat extensible dan menawarkan 17.000 plugin. Tapi untuk mencari, menginstal, dan mengelola ekstensi mungkin sedikit sulit. Tanpa extensions marketplace, pengguna bertanggung jawab untuk memilih manajer plugin atau secara manual mengatur setiap plugin. Hal ini yang menjadi salah satu perbedaan dari VS Code dan Atom.

Vim telah membangun komunitas yang luar biasa, bersemangat untuk menciptakan ekosistem pengembang. Tapi kurva pembelajaran sering dianggap mentah; artinya membutuhkan waktu dan kesabaran yang signifikan untuk menggunakan Vim.

5. Notepad++

Notepad++ Overview

Notepad++ adalah code editor open source serta gratis yang dibuat untuk Windows dan dirilis pertama kali pada tahun 2003. Notepad++ menyaingi Visual Studio Code dalam popularitasnya, digunakan oleh 34,2% responden dalam survei pengembang Stack Overflow 2018, tidak jauh dari 35,6% pada 2016.

Kriteria Utama — Notepad++
Code Editor yang ringan dan dikhususkan untuk Windows.

Notepad++ menghapus banyak fitur yang ada pada VS Code. Jauh lebih sederhana, tanpa terlalu banyak fitur integrasi. Sayanynya, Notepad++ kurang memiliki keindahan UI seperti Atom atau Sublime Text. Notepad ++ hanya mendukung sekitar 600 plugin, jauh dibawah ribuan ekstensi yang ditawarkan oleh hampir semua editor kode populer lainnya dan juga tidak memiliki marketplace.

Notepad++ Screenshot

Kemungkinan besar karena kesederhanaan aplikasi, Notepad++ sangat ringan dan cepat. Bagi pengguna baru (khususnya pengguna Windows), Notepad++ adalah alat yang mudah digunakan untuk kebutuhan pengeditan teks. Abaikanlah tampilannya yang seperti itu.

Kesimpulan

Ada banyak alat pengembangan lain di luar sana. Popularitas VS Code terlihat naik selama beberapa tahun terakhir, tetapi berapa lama itu akan mempertahankan keunggulannya? Akankah salah satu dari empat code editor diatas menyalip raja code editor yang baru? Atau akankah kita melihat pendatang baru naik melalui peringkat di tahun-tahun mendatang? Satu hal yang kita ketahui tentang perang editor kode — dengan melakukan pengembang aktif, pasti mendapat manfaat paling banyak.